Pages

Pages

Monday, March 6, 2017

Menjadi Penerjemah / Translator Freelance dapat Dollar

Apakah Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris? Tidak perlu mahir yang penting Anda menguasai tata bahasa alias grammar serta sedikit demi sedikit memiliki kosa kata yang update atau kekinian. Baiklah, kita anggap saja Anda mampu untuk menerjemahkan kata-kata biasa. Disini kita akan bahas cara mudah menjadi penerjemah dengan target orang luar. Eh, kenapa harus orang luar? Yaaa benar orang luar Indonesia, agar pembayaran atas jasa penerjemahan yang Anda lakukan dibayar dengan dollar, ya Dollar saudara-saudara!!

Saran saya, Anda harus memiliki akun email aktif, lalu membuat daftar riwayat hidup atau CV agar dapat memancing ketertarikan calon pelanggan alias kustomer. Hal ini sangat genting, karena CV Anda menggambarkan karakter serta pengalaman yang Anda punya. Bagaimana jika masih baru? Silahkan saja tuliskan keterangan tambahan bahwa Anda berkeinginan untuk terus berkembang dan belajar. Jelaskan bahwa Anda adalah seorang fighter alias pekerja keras, yang mau terus berbenah untuk maju.

Selanjutnya Anda saya sarankan untuk bergabung dalam forum-forum penerjemah. Ada satu portal translator yang kini sudah sangat dikenal dikalangan penerjemah, yakni proz.com. Pada website ini Anda akan menemukan ribuan penerjemah dari belahan dunia, termasuk juga Indonesia. Anda akan bersaing dengan mereka dalam memperebutkan sebuah roti yang ditawarkan oleh klien. Disinilah nantinya CV Anda akan sangat berguna dalam menciptakan pesona kepada klien.

Pada saat awal, Anda dapat mendaftar sebagai freelance pada portal ini. Jika nantinya Anda telah memiliki penghasilan, sebaiknya Anda tabung terlebih dahulu agar nantinya dapat menjadi member. Ada banyak fitur lebih yang diberikan oleh portal ini kepada member. Dan kebanayakan klien juga memasang postingan job terjemahan dengan memberikan syarat sebagai member. Sehingga non-member terkadang tidak dapat ikut serta bersaing dengan penerjemah lainnya.

Selanjutnya, bukalah akun dompet virtual. Saya sarankan untuk membuka paypal, kenapa? Karena hampir diseluruh dunia sudah memiliki akses terhadap website dompet virtual ini. Nantinya seluruh transaksi online akan diproses melalui paypal ini, termasuk pembayaran klien atas jasa terjemahan Anda.

Selanjutnya, berburu klien!
Gunakan google, carilah portal-portal atau website penerjemah diseluruh dunia, tawarkan jasa Anda untuk bahasa yang Anda kuasai, bila Anda menguasai bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, maka tawarkanlah kepada mereka bahwa Anda ingin bekerjasama. Bila mereka memiliki job terjemahan sesuai dengan padanan bahasa yang Anda kuasai, mintalah mereka untuk menghubungi Anda.
Banyak jalan menuju Roma, katanya! Tergantung dari mana kita pergi dan kendaraaan apa yang kita tumpangi! Hahahahaha


HAPPY TRANSLATING EVERYBODEEHHHHH

No comments: